Senin, 27 Juli 2015

Jaga Kebersihan Malioboro

NAMA resto Milas pada Prawirotaman, Yogyakarta, ialah akronim dari mimpi lama sekali. Mimpi demi sukses menikmati menu vegetarian. Makanan yang disuguhi bebas protein hewani alias semacam steak tempe, pancake bayam, sesudah burger tempe.

Satu vegetarian pada paruh kedua 1990-an kesulitan menggemari masakan khusus bagi seluruh vegetarian. Beraneka anak muda lalu mendirikan restoran vegetarian juga memberinya nama Milas, mimpi lama hanya sekali. Mimpi itu terlaksana di 1997. ”Ebi, temanku dulu pekerja sosial juga vegetarian, kesulitan mencintai makanan vegetarian. Makanya, lokasi makan tersebut namanya Milas,” ungkap Coki Tanjung, salah satu pengelola Milas.

Di sana terhidang pula rosti, kentang sisir disanding dengan salad, keju, dengan telur. Pelanggan dapat begitu juga mencicipi Milas omelette. Di menu makanan ringan antara lain terdapat sate tempe, sate jamur kuping, juga kentang goreng. Dan ada bruschetta, yakni roti dan keju, tomat, dan daun basil dalam atasnya. Itu termasuk makanan ringan yang digilai pengunjung asing.

Menu nomor satu yang jadi favorit antara lain steak tempe. Tidak lain berupa tempe bakar yang di suguhi juga saus lada hitam, jamur, bawang bombai, kentang goreng, dan wortel. Tempe yang empuk dengan lembut tersebut mengirim sensasi gurih menuju lidah. Ditambah sensasi lembut jamur serta pedas lada yang pas, wajar seandainya pelanggan ketagihan.

Steak tersebut tetap pas ditemani segelas jus antistres, yakni wortel, jahe, jeruk nipis, dengan madu. Minuman tersebut disuguhi dingin dan rasa asam segar. ”Disebut jus antistres sebab sungguh berkhasiat memotong stres,” kata Coki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar