Sabtu, 25 Juli 2015

Mau Tahu Asal Usul Nama Pulau Derawan

Setiap daerah pasti milik rekor, terutama nama-nama kawasan tertentu. Begitu pula dengan nama-nama pulau dalam Kabupaten Berau. Sebagian nama-nama pulau tersebut kini tidak lagi asing di telinga. Meskipun mungkin banyak orang yang tak sempat singgah menuju Pulau Derawan, Semama, Maratua, Sangalaki, Kakaban yang berada pada Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, tetapi merekapun telah sempat mendengar namanya. Dewasa ini nama Pulau Derawan.

Penamaan sebuah lokasi biasanya berdasarkan ciri-ciri tertentu, atau peristiwa besar yang sempat telah tersaji, mampu dengan dari nama seorang tokoh yang populer. Tetapi bukan jarang, nama-nama ini disabet dari mitos warga setempat.

Nama Pulau Derawan juga datang dari sesuatu mitos romantis, bukan lanjut siapa yang yang awal kali mengisahkan kisah sedih tersebut. Pertama kali saya mendengar kisah itu dari Ahmad Rifai yang ketika tersebut menjabat yaitu Wakil Bupati Berau. Meskipun selalu memegang wajah serius, Ahmad Rifai bukan jarang melontarkan humor atau kisah-kisah menyenangkan selanjutnya untuk menghindari ketegangan dalam rapat-rapat yang dipimpinnya.

Dalam hal aktivitas kedinasan bertema berlibur, Rifai sempat bercerita tentang asal-usul nama Pulau Derawan. Meskipun ada segala baris isu yang sejenis tentang sejarah nama Pulau Derawan, namun saat searching di dunia maya, anda bukan akan menemukan kisah selengkap versi Ahmad Rifai. Seumpama tak salah, isu itu disampaikannya pada musim 2012 lalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar