Rabu, 22 Juli 2015

Mimpi Makan Sehat di Milas

NAMA resto Milas dalam Prawirotaman, Yogyakarta, ialah akronim dari mimpi lama hanya sekali. Mimpi untuk mampu menggunakan menu vegetarian. Makanan yang di sajikan bebas protein hewani alias semacam steak tempe, pancake bayam, sampai burger tempe.

Seorang vegetarian di paruh kedua 1990-an kesulitan menyukai masakan khusus kepada segala vegetarian. Beraneka anak muda lalu mendirikan restoran vegetarian dengan memberinya nama Milas, mimpi lama sekali. Mimpi itu terealisasi dalam 1997. ”Ebi, temanku dulu pekerja sosial dengan vegetarian, kesulitan mencari makanan vegetarian. Makanya, tempat makan tersebut namanya Milas,” ucap Coki Tanjung, satu diantaranya pengelola Milas.

Pada sana tersaji pula rosti, kentang sisir disanding serta salad, keju, dengan telur. Pelanggan berhasil dan mencicipi Milas omelette. Dalam menu makanan ringan diantara lain terdapat sate tempe, sate jamur kuping, juga kentang goreng. Dengan ada bruschetta, yakni roti serta keju, tomat, serta daun basil pada atasnya. Ini termasuk makanan ringan yang dicintai pengunjung asing.

Menu nomor satu yang jadi favorit antara lain steak tempe. Tidak lain berupa tempe bakar yang di suguhi dan saus lada hitam, jamur, bawang bombai, kentang goreng, dan wortel. Tempe yang empuk juga lembut tersebut mengirim sensasi gurih menuju lidah. Ditambah sensasi lembut jamur dan pedas lada yang pas, wajar jika pelanggan ketagihan.

Steak ini sangat pas ditemani segelas jus antistres, yakni wortel, jahe, jeruk nipis, dengan madu. Minuman itu di suguhi dingin dan rasa asam segar. ”Disebut jus antistres dikarenakan memang berkhasiat memotong stres,” ujar Coki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar